Book your hotel or resort room online now

 anambas - feri - bukit raya - pesawat - hotel - informasi - galeri - kontak - tautan - peta situs - hak cipta - faq Bahasa Indonesia
Amazing Anambas
Click here for English Italiano Français Deutsch Español Português Nederlands
  bawah - ayam - penjalin - durai - temawan - air asuk - kuku - mengkait - scuba - snorkel - memancing - air terjun - pantai - budaya - ziarah - makanan

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Seputar Anambas

Semua yang kamu ingin tanyakan tentang Anambas tapi takut untuk bertanya.

Jika kamu mendengar Anambas dan kamu tergelitik rasa ingin tahu tentang negeri ajaib pulau bahagia yang berada di ujung dunia, maka liriklah sebentar pertanyaan yang sering diajukan di bawah ini. Tapi berhati-hatilah, kemungkin besar kamu akan lebih penasaran di akhir laman dan mungkin akan merasakan hasrat tidak terhentikan untuk mencoba datang ke pulau tropis surgawi ini.

Kenapa saya ingin pergi ke Anambas?

Baik, banyak wisatawan bertanya pada diri mereka pertanyaan ini setelah membaca atau mendengar tentang kepulauan Anambas pertama kali. Meski Kepulauan Anambas sangat dekat ke Singapura, hanya sekitar 150 mil, entah mengapa sekelompok kecil kepulauan ini tetap tidak terdeteksi oleh radar kebanyakan orang, keberadaannya hampir tidak pernah didengar orang selama beratus tahun. Malah, dulu, segelintir wisatawan yang tahu tentang permata rahasia di Laut Tiongkok Selatan ini hanya mereka yang berasal dari industri minyak dan gas atau biologi kelautan. Di luar bidang ini, Anambas sering dianggap sebagai tempat terpencil yang hanya dikunjungi oleh wisatawan yang berani.

Percepat ke tahun 2017.

Akhir ini, semakin banyak wisatawan yang senang menjelajah daerah baru menyadari keberadaan Anambas dan ia bukan pulau surgawi biasa. Banyak wisatawan telah mengetahui kebanyakan pulau Anambas sangat indah, pasir putih yang mempesona mungkin berserta pohon kelapa di sana sini, dan tentu di kelilingi oleh air laut kehijauan sebening kristal. Mereka yang menerima tantangan berpetulangan telah mendatangi dunia yang sangat menarik dari kepulauan yang ramah dan bertemu dengan orang lokal, keturunan dari orang Bugis yang perkasa, pelaut terhebat jaman dahulu - berjaya dan semacamnya - memiliki ikatan kuat dengan laut sampai saat ini. Orang luar yang pernah mengunjungi Anambas juga telah melihat terumbu tiada habis di sekeliling Anambas, berisikan spesies koral berwarna warni, dan juga makhluk laut yang mengagumkan baik besar dan kecil. Ditambah hutan hijau di mana-mana dan beragam daya tarik budaya dan kuliner sebagai nilai tambah, dan pertanyaan kenapa seseorang harus mengunjungi Anambas akan terjawab.

Di manakah tepatnya Kepulauan Anambas ini berada?

Kepulauan Anambas merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau di Indonesia. Keberadaannya sekitar 150 kilometer dari Pulau Tioman. Karena kedekatannya dengan daratan Malaysia menjadikan salah satu alasan kenapa Anambas tidak begitu mudah dicapai seperti yang dipikirkan.

Jadi, bagaimana cara saya bisa ke Kepulauan Anambas?

Baik, ada dua cara, yaitu melalui udara dan laut. Ayo kita bahas lebih lanjut.

- Dari Udara -

UPDATE!

- Dari Laut -

Rute laut memiliki jalur cepat dan lambat.

Dari Tanjung Pinang, di Pulau Bintang, kamu bisa naik feri cepat VOC Batavia atau feri cepat MV Seven Star. Tergantung hari apa kamu datang. Kedua feri cepat ini menghubungkan laut antara Bintan dan Anambas. Tujuan akhir kedua feri ini adalah Tarempa, setelah pemberhentian singkat di Letung, Jemaja. Perjalanan ke Jemaja sekitar 7-8 jam. Dari sana ke Tarempa membutuhkan sekitar 2 jam pelayaran, tergantung cuaca, keadaan laut dan beban logistik atau masalah teknis.

Kurang lebih tiap dua minggu sekali, pemerintah Indonesia memiliki kapal PELNI yang melayani penumpang bernama K.M. Bukit Raya dengan rute Bintan dan Kota Letong, Pulau Jemaja (sekitar 17-20 jam perjalanan) dan Kota Tarempa, Pulau Siantan (2-3 jam lebih lama). Waktu belayar ditentukan oleh cuaca, keadaan laut dan masalah teknis. Melihat lama layar, kapal Bukit Raya jelas pilihan lambat. Tapi, kamar tidur tersedia di dalam Bukit Raya, yang mana bagi sebagian wisatawan (baca: mereka yang memiliki waktu bebas) lebih memilih perjalanan ini karena menawarkan pilihan menarik.

Omong-omong, Bintan terhubung dengan feri cepat dari Singapura, yang memiliki pelayaran tiap jam. Untuk rincian lebih lanjut bagaimana ke Anambas, klik Feri Anambas.

Seperti apa bandara di Matak? Informasi lebih lanjut tentang cara ke Anambas setelah tiba di Matak?

Berada tepat di samping laguna yang mempesona, Bandara Matak patut diacungkan jempol, mereka menjadi salah satu bandara mengagumkan di dunia. Meski terminalnya berukuran sederhana, ia cukup memadai, mengingat tidak banyak penerbangan yang keluar masuk. Setelah kamu tiba di sana, kamu hanya perlu naik kendaraan untuk mengantar kamu ke salah satu dermaga. Di dermaga ini, mereka memiliki perahu-perahu kecil, baik perahu cepat dan perahu lambat yang bernama pompong, yang biasa digunakan untuk mengantarkan pendatang baru ke Tarempa. Begitu kamu tiba di Tarempa, kamu bisa pergi ke mana pun yang kamu inginkan.

Di mana saya bisa menginap saat di Anambas?

Karena Anambas makin dikenal secara daring maupun luring, jumlah akomodasi terus meningkat sesuai permintaan kamar. Jika kamu mencari tempat untuk menginap, maka kamu bisa mencoba hotel dan losmen di bawah ini:

Wisma Sakura
Anambas Resort
Piugus Resort
Kusuma Resort
Tarempak Beach Hotel
Hang Tuah
Anambas Inn
Lingai Resort
Kusuma Resort

Perlu diketahui bahwa permintaan yang dikirim melalui surel untuk penginapan di atas mungkin tidak selalu dibalas dengan cepat, karena masalah jaringan internet di pulau tersebut, atau mati listrik. Jika kamu ingin mendapatkan kepastian kamar dengan cepat, maka kamu bisa menelepon atau SMS ke nomor +65 900 79345.

Kegiatan apa yang bisa kita lakuan di Kepulauan Anambas?

Baik, salah satu pilihan kami adalah berjalan santai di tepi laut Tarempa. Rumah panggung kuno yang berwarna warni membentuk latar belakang kota yang indah yang menggambarkan suasana pedesaan jaman dahulu. Saat kamu berjalan-jalan, pastikan kamu mengunjungi keramaian pasar ikan yang tidak pernah berubah selama beratus tahun.

Meski Tarempa adalah tempat yang menyenangkan untuk dijelajahi, atraksi utama di sekitar Anambas tentu saja pantainya yang indah dan hamparan terumbu yang tidak terhingga. Kamu bisa menyewa kapal selama beberapa hari dan meminta mereka untuk mengantar kamu mengelilingi pulau-pulau yang mempesona, teluk yang indah, pantai yang cantik dan laguna yang berisikan air biru kehijauan sebening kristal. Menjelajah pulau di Anambas akan terus membuat kamu terpesona selama beberapa hari, terutama jika kamu menyukai piknik atau barbekyu.

Tapi kamu akan rugi jika kamu tidak menjelajah dunia bawah laut Anambas yang mengesankan. Bagaimana pun, lokasi snorkel dan selam scubanya salah satu yang terbaik di dunia. Beberapa lokasi dunia bawah laut yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pulau Ayam, Pulau Temawan, Pulau Penjalin, Pulau Tokong Malangbiru dan kapal karam Tujuh Langit dan Igara. Tapi untuk merasakan pantai surgawi sesungguhnya, baik di atas dan di bawah laut, sangat sulit - sangat mustahil - untuk mengalahkan Pulau Bawah.

Jika kamu menyukai memancing, maka kamu akan bersenang-senang di sekitar laut Anambas, karena perairan mereka sangat melimpah ruah dan sangat terkenal untuk lokasi memancing. Bersiaplah untuk menangkap tuna, makerel, kuwe gerong, kerapu bahkan todak, mereka hanya sebagian kecil ikan yang bisa kamu tangkap.

Menginap di tempat bertema air, Pulau Siantan menawarkan air terjun spektakuler yang memiliki tujuh undakan bertingkat saat mengalir ke bawah. Meski melihat air terjun dari dekat mengharuskan kamu mendaki gunung cukup curam, keindahan panorama yang ditawarkan dari air terjun Tarempa dan lautan di bawahnya lebih dari cukup untuk membayar usaha dan waktu yang kamu berikan.

Baik, saya yakin ada sisi buruk mengunjungi Anambas. Apa ada bahaya atau resiko?

Baik, pertama kita perlu melihat masalah logistik yang mungkin muncul, mengingat Anambas baru saja dibuka untuk dunia. Meski infrastrukturnya masih dalam pembangunan bertahap, bisa dikatakan bahwa jalan, jembatan, layanan feri, dsb belum mencakup semua tempat. Ini berarti transportasi dari A ke B masih mungkin untuk terlambat. Hal terbaik untuk menghadapi masalah ini dengan cara menikmatinya. Malah, mereka bagian dari petualangan ketika kamu menjelajah tempat seperti Anambas, yaitu tempat yang masih dalam pengembangan tahap awal. Bisa dikatakan mesin mogok dan mati listrik adalah bagian dari pesona menjelajah daerah terbelakang.

Tentang makanan, perlu diperhatikan jika kamu tidak bisa makan nasi atau mie sepanjang hari, kamu mungkin sulit untuk menikmati Anambas, mengingat roti atau kentang tidak selalu tersedia.

Yang paling penting, Anambas belum memiliki rumah sakit yang lengkap. Rumah Sakit tersedia, tapi lebih mirip seperti klinik. Tapi untuk saat ini, mungkin penting untuk memastikan asuransi perjalanan kamu memiliki perlindungan yang tepat.

Baik, Anambas telah membuat saya tertarik. Apa kamu memiliki gambar Kepulauannya yang bisa saya lihat?

Tentu saja, silahkan kunjungi galeri kami.

Bisa kamu berikan gambaran berapa budget yang harus saya siapkan jika saya ingin menginap di kepulauan Anambas, katakan, selama seminggu?

Untuk saat ini, berapa budget yang kamu butuhkan tergantung pada beberapa faktor, seperti pilihan akomodasi, aktivitas, transportasi, dsb, hal tersebut akan mempengaruhi budget kamu. Feri dari Singapura ke Bintang sekitar 50 USD pulang pergi. Feri cepat ke Anambas sekitar 100 USD pulang pergi. Jika kamu lebih memilih menggunakan pesawat, maka harga tiket sekitar 150 USD sekali jalan.

Losmen dan hotel bervariasi mulai 10 USD untuk kamar tipe backpacker hingga 100 USD untuk kamar indah yang berada di atas laut biru kehijauan yang membuat kamu ingin mencobanya.

Makan dan minum cukup murah. Sekitar 3-5 USD untuk sekali makan besar dan sekitar 1-2 USD untuk minuman dingin atau panas. Buah juga cukup murah, mungkin lebih murah dari belahan dunia mana pun.

Tapi, sewa perahu tidak murah. Sebaiknya kamu naik perahu dengan sekelompok orang, agar biaya sewa bisa dibagi. Kamu bisa menyewa perahu cepat atau perahu yang disebut pompong. Pompong jauh lebih murah, tapi lebih pelan. Biaya pompong sekitar 100 USD per jam dan 150 USD per jam untuk perahu cepat.

Bisa kamu gambarkan Anambas secara singkat? Apa plus minusnya?

Nilai minus untuk Anambas: Bukan tempat yang mudah untuk dikunjungi. Tidak banyak jenis makanan barat. Rumah sakitnya tidak begitu lengkap.

Nilai plus dari Anambas: Begitu banyak pulau surgawi, hampir semuanya belum tersentuh oleh pariwisata dan di kelilingi oleh lautan sebening kristal.Memiliki snorkel dan selam scuba kelas dunia. Pantai surgawi penuh dengan pohon kelapa menjuntai. Tempat yang harus kamu kunjungi selagi masih asri.

Belum tersentuh. Belum ditemukan. Anambas!

 


Taman karang Amazing Anambas

















Batu Petah

















Penyu bayi yang dilepaskan

















Pertunjukan musik Anambas

















Karang inda Penjalin

















Ketenangan Anambas

















Kinerja lokal Anambas

















Ikan Nemo atau Ikan Clown

     Trending sekarang:
Anambas offers a wealth of awesome outdoors activities
Anambas offers lots of awesome
outdoors activities
Carnivorous pitcher plants are found in Anambas
Carnivorous pitcher plants
are found in Anambas
Anambas' sea water tend to be flat, making it ideal kayaking territory
Anambas' sea water tends to be calm,
ideal kayaking territory
This turtle will be released shortly
This turtle will be released shortly



Pesang sekarang