Book your hotel or resort room online now

 anambas - feri - bukit raya - pesawat - hotel - informasi - galeri - kontak - tautan - peta situs - hak cipta - faq Bahasa Indonesia
Amazing Anambas
Click here for English Italiano Français Deutsch Español Português Nederlands
  bawah - ayam - penjalin - durai - temawan - air asuk - kuku - mengkait - scuba - snorkel - memancing - air terjun - pantai - budaya - ziarah - makanan

Anambas Mengagumkan

Belum tersentuh. Belum ditemukan. Anambas!

Jika kamu tipe wisatawan yang tidak sabar menginjakan kaki di karpet lembut lobi hotel kamu, tidak sabar menikmati AC sepanjang hari, dan tidak sabar untuk merasakan layanan kamar sepanjang hari, maka Anambas bukan untuk kamu.

Tapi jika kamu wisatawan dengan hasrat berpetualang, rasa ingin tahu untuk menyelidiki, ketertarikan untuk mencoba daerah yang belum pernah dikunjungi dan merasakan keasliannya, maka Anambas tempat yang tepat untuk kamu.

Kepulauan Anambas kurang lebih adalah daerah tidak berpenghuni. Wilayah yang berada di ujung bumi dan masih berada dalam ekosistem aslinya. Anambas masih asli; dan sebagian besar kepulauan Anambas masih belum tersentuh manusia, tanpa kemacetan dan suara bising atau polusi. Flora dan fauna berkembang di seluruh kepulauannya dan tidak ada ancaman dari manusia.

Tempat mungkin ini terdengar seperti tempat fiksi, tapi itu tidak benar. Malah, bagi mereka yang tinggal di Asia Tenggara mereka tidak perlu berjalan jauh ke Anambas, karena setidaknya dalam teorinya, ia berada tepat di ujung barat Laut Tiongkok Selatan.

Penduduk lokal sering menyembut kepulauan Anambas, Jemaja, Siantan, Matak, Mubur, Telaga, Airabu, dan Bajau, Tujuh Pulau. Dan yang hebatnya, masing pulau ini masih asli. Malah, dan hal ini cukup mengejutkan, jika dihitung jarak lurus mereka tidak begitu jauh dari kota besar seperti Singapura, Kuala Lumpur dan Jakarta.

Tapi entah bagaimana Anambas berhasil tetap bersembunyi. Jadi, bagaimana kamu ke Anambas? Baiklah, untuk pergi ke sana, pengunjung Anambas harus naik pesawat ke Tanjung Pinang di Pulau Bintan terlebih dahulu. Dari Bintan, ada dua pilihan.

1. Kamu bisa naik pesawat lain dari Tanjung Pinang ke Pulau Matak, yang berada di wilayah Anambas. Penerbangan ini sekitar satu jam. Dari Matak, kamu bisa naik perahu kecil ke mana pun di Anambas, meski sebagian besar tujuan adalah Tarempa, ibu kota Anambas, sekitar 20 menit pelayaran dari Matak.

2. Kamu bisa naik feri cepat dari Tanjung Pinang entah ke Jemaja atau Tarempa. Feri ini sekitar 7-9 jam untuk mencapai pulau tersebut. Untuk rincian lebih lanjut tentang feri ke Anambas, klik Feri Anambas.

Meski demikian, seperti layaknya penjelajah lainnya, kamu mungkin tidak seharusnya terburu-buru dan kamu juga harus sedikit fleksibel. Pada dasarnya, jika kamu sering berpergian tanpa rencana perjalanan yang pasti, maka kamu akan baik-baik saja.

Sekarang kamu telah tiba di ujung dunia, apa yang bisa kamu harapkan? Untuk satu hal, meski penduduk lokal didominasi oleh keturunan Melayu dan keturunan Cina yang telah hidup di Anambas bertahun-tahun, penyebaran penduduk di kepulauan ini tidak terlalu padat. Satunya pengecualian adalah Tarempa, Tarempa yang juga sering disebut "Terempa" atau "Tarempak" merupakan pusat Kepulauan Anambas.

Bahkan Pulau Siantan, di mana Tarempa berada, tidak begitu padat. Gunung yang ada di pulau tersebut membuat penduduk lokal sulit tinggal di sana. Itu sebabnya kebanyakan penduduk membangun rumah mereka di tepi air, kebanyakan masih berupa rumah panggung, yang disebut Kelong.

Sebagian besar penduduk Anambas adalah nelayan, atau bekerja dalam bidang perikanan. Tapi pariwisata membuat perubahan serius pada kehidupan tradisional ini dan pemerintah daerah aktif mendukung perubahan ini.

Malah, tidak perlu dikatakan, bahwa Anambas memiliki potensi besar dalam hal pariwisata. Snorkel dan selam scuba contohnya, hal tersebut sangat pas dilakukan di Kepulauan Anambas yang masih asri.

Rekreasi lain adalah lokasi memancing. Anambas menawarkan beragam ikan besar; mulai dari tuna sampai kerapu dan kakap. Bahkan ikan Todak sering ditangkap di sana. Sepertinya yang terlihat, kepulauan Anambas telah menjadi tempat pilihan bagi penggemar pancing. Dan semenjak masalah imigrasi selesai, sekelompok wisatawan dari Singapura dan negara tetangga bisa berkunjung ke kepulauan Anambas lebih sering daripada sebelumnya untuk menikmati hobi mereka.

Salah satu daya tarik besar kepulauan Anambas adalah pengamatan penyu. Bagi pencinta bintang, Penyu berada di urutan atas binatang yang terancam punah. Di Anambas, terutama di Pulau Durai dan Pulau Mangkai, yang saat ini telah memiliki status khusus, para pencinta penyu bisa mengamati penyu, terutama penyu belimbing dan penyu sisik yang datang ke pantai untuk bertelur. Pengamatan penyu, terutama penetasan penyu dan kembalinya penyu ke lautan, menjadi salah satu daya tarik besar bagi wisatawan di Anambas.

Kesempatan terbaik untuk melihat penyu beraksi ada pada sekitar bulan Juli sampai Oktober.

Untuk mereka yang tertarik pada budaya dan arsitektur, mereka akan menemukan banyak lokasi dan atraksi untuk diceritakan ketika di rumah. Contohnya, bangunan tua di Tarempa, yang dibangun oleh Belanda ketika jaman penjajahan mereka. Beberapa bangunan itu saat ini dipergunakan oleh TNI dan pemerintah Indonesia untuk bagian administrasi, mereka tetap dirawat dan dijaga keaslian nilai sejarahnya.

Sementara itu, di pelabuhan Tarempa kamu bisa melihat para nelayan, pelaut dan buruh bekerja keras terus melakukan apa yang telah dilakukan sejak jaman nenek moyang.

Jika kamu ingin melihat Anambas saat keindahanya masih asli dan belum tercemar oleh pariwisata mancanegara, mungkin surga rahasia terakhir di Asia, maka sekarang saatnya untuk pergi. Ini adalah daftar resort, hotel dan losmen yang tersedia:

Wisma Sakura
Anambas Resort
Piugus Resort
Kusuma Resort
Tarempak Beach Hotel
Hang Tuah
Anambas Inn
Lingai Resort
Kusuma Resort

Perlu diingat, karena terpencilanya kepulauan Anambas, internet mungkin tidak selalu tersedia di hotel. Dengan kata lain, jika kamu melakukan pesanan akomodasi dengan surel, kamu harus bersabar cukup lama.

Belum tersentuh. Belum ditemuka. Anambas!

 
Booking.com


Mendekati Pulau Bawah
Mendekati Pulau Bawah

Karang di Pulau Bawah laguna
Karang di Pulau Bawah laguna

Lain pulau surga di Anambas
Lain pulau surga di Anambas

Pulau Lima
Pulau Lima

Nasi Goreng Tarempa-style
Nasi Goreng Tarempa-style

Formasi batuan Pulau Pasu
Formasi batuan Pulau Pasu

Taman karang di Anambas Resort
Taman karang di Anambas Resort

Belanja jalan utama di Tarempa
Belanja jalan utama di Tarempa

Gua pulau Pasu
Gua pulau Pasu


     Trending sekarang:
Want to own your very own Anambas Paradise Island? Click here
Want to own your very own Anambas
Paradise Island? Click here
Can this be real? A school of dense juvenile barracuda
Can this be real? A dense school
of juvenile barracuda
Looking for a hotel in Singapore? Click here to book your choice room
Looking for a hotel in Singapore?
Click here to book your choice room
Close encounters of the Anambas snorkeling kind
Close encounters of the
Anambas snorkeling kind



Pesang sekarang